Friday, May 10, 2013

Cara Membuat Gantungan Kunci dari Flanel

Berikut dapat anda termukan bagaimana caranya membuat kunci sendiri dengan bermodalkan bahan flanel yang dapat anda kreasikan sendiri kedalam bentuk lain dan berikut contoh untuk gantungan kunci dari flanel tersebut

Kreasi dengan kain flannel, memang tak ada habisnya. Segala macam bentuk dan model dapat kita aplikasikan dengan kain flannel. Salah satu yang banyak dipilih adalah gantungan kunci flannel. Selain karena mudah dibuat, gantungan kunci flannel memiliki banyak kreasi model juga dapat dipakai di berbagai suasana. Bahkan, kini banyak pasangan pengantin, acara perusahaan atau ulang tahun perorangan menggunakan gantungan kunci flannel sebagai souvenir atau cindera mata sebagai kenang-kenangan bagi para undangan yang datang. 



Souvenir gantungan kunci dari flannel ini, tak perlu Anda pesan di pusat pembuatan souvenir atau pusat kerajinan flannel, karena Andapun dapat berkreasi membuat sendiri, dengan lebih mudah dan tentunya akan bebas memilih model. Cukup siapkan bahan dan alatnya, tentukan model untuk digambar polanya, dan jangan lupa luangkan waktu untuk membuatnya jauh hari sebelum hari H, karena membuat kreasi flannel memang butuh sedikit ketelitian yang pastinya belum tentu dapat lekas diselesaikan bagi para pemula.

Untuk memulai membuat gantungan kunci dari flannel, sediakan bahan dan alat sebagai berikut;

Bahan :

Kain Flanel
Hiasan ornament/pita
Dakron/kain perca/kapas
Gantungan

Alat :

Kertas untuk pola
Gunting
Jarum
Benang
Lem

Cara Membuat :

1.       Siapkan flannel 2 warna (Biru dan Kuning). Gunting flanel dengan pola bunga dan lingkaran seperti pada gambar (ukuran bebas, namun lingkaran, sesuaikan dnegan lebarnya lingkar tengah bunga)
2.       Letakkan lingkaran di tengah-tengah bunga, kemudian jahit melingkar.
3.       Sisakan jahitan sekitar 1 cm untuk memasukan dakron.
4.       Kemudian eratkan kembali jahitannya sampai tertutup. Setelah jahitan tertutup, lanjutkan dengan membuat motif horizontal dan vertical pada bagian tengah bunga (diatas tumpukan dakron), lihat gambar (atau bisa dikreasikan sendiri dengan ornament atau pita.
5.       Setelah rapi, bisa ditambahkan gantungan dibelakangnya, untuk mengaitkan kunci.

Praktis, bukan?

Sumber : http://carapedia.com/gantungan_kunci_flanel_info2416.html 

No comments:

Post a Comment