Wednesday, February 13, 2013

Contoh Pengumuman Singkat

Pengumuman merupakan salah satu pelajaran dalam bahasa Indonesia yang wajib kita kuasai. Setidaknya dengan memahami pengumuman, nanti ketika kita sudah menjadi “pemimpin”, kita akan mampu menyampaikan surat edaran seperti pengumuman resmi yang akan kita bahas ini. Untuk lebih jelas mengenai pengertian pengumuman, dan contoh pengumuman, mari kita lihat saja penjelasannya di bawah ini :


PENGERTIAN PENGUMUMAN


Pengumuman adalah berita atau informasi yang penting utnuk segera diketahui oleh khalayak umum. Sesuai dengan namanya, pengumuman bersifat terbuka atau boleh diketahui oleh siapapun.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat pengumuman adalah :

1.    Bahasa yang digunakan efektif dan tepat sasaran;
2.    Tidak menggunakan kalimat atau istilah yang menimbulkan penafsiran ganda;
3.    Isi harus jelas, singkat, dan padat
4.    Pilihan kata dan gaya penyampaian bersifat menarik sehingga menimbulkan keingintahuan orang banyak.

CONTOH-CONTOH PENGUMUMAN SINGKAT

Contoh pengumuman di Bank Singkat

Sehubungan dengan penutupan tahun aggaran, pada hari Kamis, tanggal 31 Desember 2012, kas, kliring, transaksi devisa antar bank ditutup, kecuali untuk pelayanan pajak.

Contoh Pengumuman di Sekolah Singkat

Sehubungan dengan pelaksanaan study tour ke Yogyakarta, diberitahukan kepada semua siswa kelas X SMP Embun Pagi Jakarta untuk berkumpul seluruhnya pada jam 20.00 WIB. Dimohon datang tepat waktu. Jangan lupa bawa semua perlengkapan seperti Kamera, Recorder, Notebook, dan Lain sebagainya untuk mendokumentasikan kegiatan study tour nanti.

Contoh Pengumuman Lomba Singkat

Kepada seluruh peserta lomba balap karung pada perayaan hari kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2013 di Desa Pucuk Cinta, Kecamatan Hati Berbunga, Kabupaten Jiwa Suci, untuk tidak bermain curang ketika bermain, karena perlombaan balap karung akan dihadiri Pak Camat dan akan dimuat di rubrik budaya MetroTV.

Demikianlah pengertian pengumuman beserta contoh pengumuman singkat yang bisa membantu anda untuk dijadikan inspirasi membuat pengumuman singkat. Ingat, pengumuman ini jelas berbeda denganmemo ya hehee.

Semoga saja contoh-contoh pengumuman singkat ini bisa berguna bagi anda yang sedang galau karena susah membuat teks pengumuman sendiri. Jangan lupa baca juga pantun jenaka untuk anda yang sedang disuruh membuat pantun yang lucu yo..
sumber :: http://www.embun.net/2012/11/contoh-pengumuman-singkat.html

No comments:

Post a Comment